Home » » Cara membuat Sambal Sehat

Cara membuat Sambal Sehat

Written By Sehat Alami on Rabu, 11 April 2012 | 12.32.00

Cara membuat Sambal Sehat secara alami
Tidaklah memerlukan waktu yang lama dalam membuat Sambal. Syarat mutlak hanyalah Pedas dan Enak. Rahasia untuk mencapai syarat mutlak tersebut terletak pada Pemilihan bahan yang baik serta takaran bahan yang tepat. Selain itu, sambal sebaiknya dibuat dengan cara digiling menggunakan cobek atau lumpang batu. Agar menghasilkan rasa yang enak, hasil gilingan jangan terlalu kasar. Dan jangan membuat sambal dengan menggunakan blender, karena sambal akan beraroma langu.
Berikut ini, akan diulas bahan-bahan utama dalam membuat sambal serta beberapa tips nya.

Bawang merah dan bawang putih
Bawang merah sebagai bahan membuat sambal yang sehat secara alamiSering dipakai dalam pembuatan sambal yang digoreng. Lebih sedap dipakai dalam keadaan mentah karena aromanya yang segar, yang kemudian diberi air jeruk nipis. Sedangkan bawang putih sering dipakai sebagai bahan pelengkap pembuatan Sambal. Sehingga, meskipun penggunaannya tidak banyak, namun sangat perlu untuk kelengkapan rasa.

Cabai Merah Keriting
cabai merah keriting sebagai bahan membuat sambal yang sehat secara alamiHa ha ha ... bahan ini adalah bahan utama dalam pembuatan Sambal. Berasa pedas namun beroma langu. Untuk mengurangi aroma langu tersebut, biasanya dipadukan dengan Cabai Rawit yang aromanya tajam dan pedas.


Cabai Merah Besar

cabai merah besar sebagai bahan membuat sambal yang sehat secara alamiCabai ini tidaklah pedas, bahkan kandungan airnya sangat banyak. Penambahan ke dalam sambal mempunyai fungsi utama pemberi warna merah yang cerah dan bagus. Apabila cabai ini tidak ada, jangan digantikan dengan Cabai giling (siap beli) karena rasanya agak masam. Biasanya, cabai giling ini terbuat dari Cabai merah besar yang sudah tidak segar lagi.

Cabai Rawit
Tercabai rawit sebagai bahan membuat sambal yang sehat secara alamidapat 2 (dua) macam, yakni Cabai Rawit Merah dan Cabai Rawit Hijau. Keduanya berasa amat pedas, terutama yang sudah tua. Apabila ditumis, aromanya semakin keluar. Sangat cocok untuk campuran sambal mentah. Terutama apabila hendak disajikan dengan ikan bakar.


Artikel belum selesai, selanjutnya masih nunggu waktu longgar... :)
Terima-kasih atas kunjungan anda
Anda telah membaca artikel yang berjudul Cara membuat Sambal Sehat. Artikel ini telah di-publish oleh Sehat Alami dan memiliki rating blog 5 dari 5.
Apabila ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini, kami harap menyertakan link dofollow ke http://berbagisehat-alami.blogspot.com/2012/04/tips-dan-trik-cara-membuat-sambal-yang.html.
Terima kasih telah singgah, jangan lupa berkomentar dan meninggalkan alamat link, jika menghendaki kunjung balik dari kami. ^_^

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Didip Sasmitoadi
Copyright © 2013. Hidup Sehat Alami - All Rights Reserved
Template From MasTemplate
Proudly powered by Blogger