Home » , , , , » Khasiat Daun Sirih

Khasiat Daun Sirih

Written By Sehat Alami on Rabu, 18 April 2012 | 08.10.00

Khasiat Daun Sirih agar sehat alami

Daun sirih yang bentuknya bulat panjang dan panjangnya kira-kira 7 cm serta lebar kurang lebih 5 cm. Yang biasanya dipergunakan untuk makan sirih atau nginang (bhs. Jawa) nenek-nenek moyang kita pada zaman dahulu, mempunyai hasiat sebagai berikut :
a.  Apabila ada orang dewasa atau anak-anak mimisan (keluar darah dari hidung) dapat untuk menahan keluarnya darah tersebut.
Caranya ialah :
Anak yang mimisan disuruh berbaring terlebih dahulu, daun sirih dicuci sampai bersih terus dilipat dan digulung yang kecil yang sekiranya dapat dimasukkan pada lubang hidung. Kemudian kompreslah kepala anak yang mimisan tersebut dengan handuk bersih. Setelah tidak keluar darahnya boleh duduk kembali.
b.      Daun sirih dapat dipergunakan sebagai obat batuk.
Caranya :
Daun sirih, gula batu, kayu manis semuanya diambil seperlunya kemudian direbus dengan air sampai mendidih. Kalau sudah dingin disaring, dapat diminum sebagai obat batuk. Tetapi kalau sedang menderita batuk, disamping minum obat tersebut pantangan jangan makan makanan yang digoreng juga jangan minum kopi, boleh minum air manis kalau manisnya memakai gula batu.
c.    Daun sirih diremas-remas dalam air sampai hancur, kemudian air sirih tersebut disaring dengan kain yang tipis. Saringan air sirih dapat untuk mencuci mata yang kabur serta banyak sekali kegunaannya yang lain, terutama dalam hal antiseptik.




Terima-kasih atas kunjungan anda
Anda telah membaca artikel yang berjudul Khasiat Daun Sirih. Artikel ini telah di-publish oleh Sehat Alami dan memiliki rating blog 5 dari 5.
Apabila ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini, kami harap menyertakan link dofollow ke http://berbagisehat-alami.blogspot.com/2012/04/khasiat-daun-sirih.html.
Terima kasih telah singgah, jangan lupa berkomentar dan meninggalkan alamat link, jika menghendaki kunjung balik dari kami. ^_^

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Didip Sasmitoadi
Copyright © 2013. Hidup Sehat Alami - All Rights Reserved
Template From MasTemplate
Proudly powered by Blogger