Home » , » Cara membuat Param yang terasa Panas

Cara membuat Param yang terasa Panas

Written By Sehat Alami on Kamis, 19 April 2012 | 14.03.00

cara membuat param yang terasa panas secara alami

Yang disebut param ialah merupakan bedak yang dibuat padat dan dibuat bulat-bulat seperti ragi tape, kalau mempergunakan harap dicampurkan dengan air sedikit, dan cara pemakaiannya dengan jalan diborehkan (di gosokkan) ke seluruh tubuh, gunanya untuk melemaskan otot-otot yang kaku.

Bahan-bahannya adalah :
  1. Beras : ½ liter
  2. Jahe : 2 ½ liter
  3. Kencur : ½ ons
  4. Lempuyang : ½ ons
  5. Temu giring : ½ ons
  6. Cengkih : ½ ons
  7. Isi pala : ½ ons
  8. Kayu manis : ¼ ons
  9. Adas pula waras : ¼ ons
  10. Air : secukupnya
  11. Minyak gandapura : 5 cc
  12. Mentol kristal : 5 gram
  13. Kamfer kristal : 5 gram
Cara membuatnya :
a . Beras dicuci bersih terus direndam selama 12 jam kemudian disaring dan disiram dengan air bersih supaya baunya menjadi hilang, terus dututup dengan daun pisang dan didiamkan kurang lebih 1 jam. Agar berasnya menjadi kesat (tidak berair) dan kalau ditumbuk lunak tetapi tidak lengket. Kemudian beras tersebut ditumbuk dan diayak dibuat tepung.
b . Bahan nomor 2, 3, 4, dan 5 dikupas kulitnya kemudian dicuci yang bersih, terus diiris tipis-tipis dan dijemur sampai kering
c . Kalau ramuan tersebut sudah kering, bahan-bahan nomor 6, 7, 8, dan 9 dicampur dan bersama-sama ditumbuk halus terus diayak.
d . Tepung beras dan tepung ramuan c dicampur menjadi satu sambil dimasukkan air sedikit demi sedikit sambil dicampur-campur hingga menjadi adonan yang pekat seperti bakal kue.
e . Bahan nomor 11, 12 dan 13 diaduk sampai larut dan dicampurkan pada adonan d.
f . Kalau adonan ini sudah sempurna, terus diambil sedikit demi sedikit dibuat bulatan-bulatan seperti keniker kemudian dibuat gepeng langsung dijemur.
Demikian cara pembuatan param untuk orang dewasa yang terasa panas

Cara penggunaannya ialah :

Ambil satu keping param tersebut dicampur dengan air sedikit dan diremas-remas terus digosokkan ke seluruh tubuh, terutama yang terasa pegal dan linu. Urutlah dengan param tersebut. Niscaya akan terasa ringan enak rasanya tubuh kita.



Terima-kasih atas kunjungan anda
Anda telah membaca artikel yang berjudul Cara membuat Param yang terasa Panas. Artikel ini telah di-publish oleh Sehat Alami dan memiliki rating blog 5 dari 5.
Apabila ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini, kami harap menyertakan link dofollow ke http://berbagisehat-alami.blogspot.com/2012/04/cara-membuat-param-yang-terasa-panas.html.
Terima kasih telah singgah, jangan lupa berkomentar dan meninggalkan alamat link, jika menghendaki kunjung balik dari kami. ^_^

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Didip Sasmitoadi
Copyright © 2013. Hidup Sehat Alami - All Rights Reserved
Template From MasTemplate
Proudly powered by Blogger