Home » , » Cara agar rambut tetap hitam dan tidak lekas beruban

Cara agar rambut tetap hitam dan tidak lekas beruban

Written By Sehat Alami on Senin, 29 April 2013 | 20.09.00

rambut hitam dan tidak beruban sehat alami

Hidup pada zaman modern ini tentang perawatan rambut sangat diperhatikan. Dan perawatan rambut dengan bahan-bahan kosmetik di salon-salon biayanya cukup besar. Kebanyakan kaum remaja/putri, kaum bapak atau kaum ibu sangat gelisah apabila rambutnya menjadi kemerahan atau cepat beruban. Maka cara agar rambut tetap hitam dan tidak lekas beruban secara alami adalah sebagai berikut:

  1. Kalau di dapur ada sisa teh (air teh yang tidak manis) dapat kita pergunakan untuk keramas, tidak usah memakai sampo. 
  2. Kalau keramas pakailah londo merang (bahasa jawa), sebagai pengganti sampo 
  3. Setelah rambut dikeringkan dengan handuk, kalau akan memakai minyak rambut pakailah minyak cem-ceman

rambut tidak lekas beruban sehat alami
Rambut lekas beruban?

Minyak cenceman ialah minyak kelapa murni yang dibuat sendiri di-tim (direbus) dengan bahan-bahan penyubur rambut, yakni dengan pandan, yang sudah diiris-iris kecil-kecil dan dikeringkan. Belahan jeruk purut, daun mangkokan, biji klabet dan kayu manis atau kulit manis.
Dengan cara nomor 1, 2 dan 3 ini kita praktekkan Insya Allah akan berhasil.

rambut hitam sehat alami
Rambut berkilau sehat alami


Keterangan:

  1. Londo merang (bahasa jawa), ialah tangkai padi dibakar terus abunya dicampur dengan air, kemudian airnya sidaring denga kain. Maka saringan ini disebut londo merah. Maka air londo merah ini untuk keramas sebagai pengganti sampo. Dan ini memang dikerjakan oleh nenek moyang kita zaman dahulu sebelum ada sampo. Khasiat londo merang untuk membasmi ketombe dan menguatkan tumbuhnya rambut agar tidak lekas rontok. 
  2. Minyak cemceman ialah pertama kali kita membuat minyak kelapa murni, caranya ialah santan kelapa kita rebus terus, lama-kelaman menimbulkan minyak kelapa yang murni dan baunya sedap. Dan menimbulkan ampas minyak yang disebut blondo (bahasa jawa). Yang warnanya coklat rasanya jadi manis. Biasanya blondo digunakan untuk memasak daging, tahu dan tempe, atau dimakan begitu saja juga enak sebagai manakan ringan. 
  3. Daun pandan yang daunnya panjang-panjang ½ s/d 1 meter , lebarnya 4 s/d 6 cm dan baunya sedap serta harum. 
  4. Jeruk purut ialah jeruk yang biasanya untuk bumbu masak. Khasiatnya untuk menetralkan kelebihan minyak pada rambut. Sedangkan rambut yang selalu kering dapat dilemaskan dan dikeramasi dengan santan kelapa terus dicuci dengan air biasa. 
  5. Daun mangkokan yang wujutnya bulat cembung seperti pinggan atau mangkok berhasiat untuk menyuburkan rambut. 
  6. Klabet, berbiji persegi-persegi kecil dan lebih kecil dari pada isi jambu klutuk, berfungsi sebagai penyedap dan pengharum minyak rambut, sebagai gantinya bibit minyak wangi. 
  7. Kulit manis merupakan kulit kayu berbau sedap juga untuk menambah sedapnya minyak rambut cenceman.
Terima-kasih atas kunjungan anda
Anda telah membaca artikel yang berjudul Cara agar rambut tetap hitam dan tidak lekas beruban. Artikel ini telah di-publish oleh Sehat Alami dan memiliki rating blog 5 dari 5.
Apabila ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini, kami harap menyertakan link dofollow ke http://berbagisehat-alami.blogspot.com/2013/04/cara-agar-rambut-tetap-hitam-dan-tidak.html.
Terima kasih telah singgah, jangan lupa berkomentar dan meninggalkan alamat link, jika menghendaki kunjung balik dari kami. ^_^

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Didip Sasmitoadi
Copyright © 2013. Hidup Sehat Alami - All Rights Reserved
Template From MasTemplate
Proudly powered by Blogger